Jumat, 07 Oktober 2011

Sejarah Internet

A. Asal Mula Internet
     Rangkaian komputer yang terhubung menerusi beberapa rangkaian disebut jaringan internet. Internet adalah sistem komputer umum yang saling terhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Cara menghubungkan rangkaian dinamakan internetworking.
      Pada awalnya internet berasal dari sebuah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer dihubungkan dengan kabel yang membentuk sebuah jaringan (network). Internet dikembangkan dengan nama ARPAnet (Advanced Research Projects Agency) oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pertama kali tahun 1969 dengan tujuan membuat jaringan komputer yang rawan untuk dihancurkan bila terjadi peperangan.
     Pada tahun 1977, lebih dari seratus komputer mini dan mainframe terkoneksi ke ARPAnet yang sebagian besar berada di uiversitas. Dosen-dosen dan mahasiswa memanfaatkan hubungan komputer untuk berbagi informasi tanpa meninggalkan komputer. Awal tahun 1980an, ARPAnet dibagi menjadi dua jaringan, yaitu ARPAnet dan Milnet. Milnet merupakan jaringan militer, dimana keduanya mempunyai hubungan sehingga komunikasi dapat berjalan. Jaringan interkoneksi ini disebut DARPA internet, tetapi selanjutnya disebut Internet. Internet hanya bisa diakses dengan komputer mini dan mainframe. Setelah dibukanya layanan Usenet dan Bitnet, Internet dapat diakses melalui Personal Computer (PC) .
    Pada taun 1986, dibentuk NSFNET (National Science Foundation Network) yang mulai menggantikan ARPAnet. ARPAnet dibubarkan pda bulan Maret 1990. Pada masa NSFNET, berbagai jaringan internasional didirikan dan dihubungkan ke NSFNET yang sekarang terdapat lebih dari 4.000.000 host internet di seluruh dunia. Sejak tahun 1988, Internet tumbuh cepat.

1 komentar:

  1. The Baccarat Player Guide 2021 | Worrione
    The 인카지노 Baccarat player guide is a full guide 카지노사이트 on how to play and win money online casino worrione games. All you need to know to master the Baccarat table

    BalasHapus